Archive for the ‘Uncategorized’ Category

Tiap tahun kejadian ini berulang menimpa perempuan berinisial W ini. Speechless, sih, dan bosen juga kalo dipahami dengan pertanyaan “kok, bisa, sih ??”
Tapi itulah kenyataan hidup. Masih banyak orang tak belajar dari kesalahan dan terjerumus pada lubang yang sama. Kalo mau dibilang Manusia Bodoh, begitulah.

W, perempuan berasal dari pesisir utara pulau Jawa. Lulusan sekolah dasar & terbilang cantik dengan kulit putih, tak banyak perempuan berkulit agak terang untuk sebuah daerah pesisir & bermatapencaharian sebagai petani. Konon, W dipinang & dinikahi oleh tetangga satu kampungnya, seorang pria yang ‘lumayan’ ganteng (untuk ukuran desa tersebut). Terbilang dari keluarga yang cukup dibandingkan dengan keluarga W. Pun lulusan sekolah menengah atas (yang sangat jarang diperoleh oleh sebagian besar anak-anak kampung itu).

Mereka menikah dan telah dikaruniai 2 orang anak laki-laki. Karena kehidupan desa yang kurang menguntungkan, mereka mencoba merantau di Karawang. Suami W diterima sebagai Satuan Pengaman sebuah pabrik.

Kehidupan berjalan seperti layaknya kehidupan keluarga lain. Karena keterbatasan pendapatan. Keluarga kecil ini hanya bisa mengontrak sebuah rumah di sebuah perumahan. W dengan harapan dapat menutupi kebutuhan rumah tangganya, membantu suaminya dengan berdagang, mengojek anak-anak tetangga & membantu pekerjaan tetangga lainnya.

Sebagai tetangga, seringkali aku dimintai pendapat atau saran tentang masalah yang sering dihadapi W. Dari urusan sekolah anak-anak sampai pada akhirnya kebiasaan buruk suaminya. BERJUDI !!!

Tiap tahun W selalu dibelit hutang karena suaminya kalah, kalah dan kalah dalam judi. Dan tiap tahun pula, aku bosan mendengar keluh kesah, curhat dan seterusnya. Tahun pertama kedua it’s okay aku mendengar & memberi saran klo diminta. tahun ketiga ini, aku cukup berkata, “maaf, aku gak bisa bantu banyak, aku sibuk !!!’

Tega gak tega tapi harus dilakukan demi kebaikanku. Setuju ????

Iklan

Hampir seminggu yang lalu, terdengar dari mesjid di kompleks berita duka. Berita duka memang tiap disaat diberitahukan via mesjid kompleks kami. Tapi selalu saja bikin kaget, terkesima, terkejut. Karena berbilang puluh tinggal di kompleks telah begitu banyak tetangga yang sudah dikenal baik & akrab.

Salah satunya, mz Bambang Darmaji. Diberitakan meninggal, Innalillahi wa innailaihi roji’un….

mz Bambang hampir sebaya dengan kami, putri pertamanya seumuran dengan anak kami. Sering menyapa saat bertemu dijalan, minimal mengangguk saat bersua di depan gerbang kala berangkat kerja.

Kaget, iya…bagaimana seorang kawan yang hidup sehat; tidak merokok, rajin shaum Senin Kamis, tak terdengar sakit berat..kok, y, bisa ‘cepat’ dipanggil….

Memang sih, terdengar beliau ‘masuk angin’, diare & muntah…kami maklum karena mungkin karena capek setelah menunggui bungsunya yang hampir 2 minggu dirawat di Rumah Sakit karena diare (pula).

Dari cerita mb Yuno, istrinya, almarhum capek fisik karena harus bolak-balik karawang-tangerang. sang istri pun mengira sekedar masuk angin & salah makan. Tapi diagnosa dokter, TUMOR GANAS…

Almarhum rajin general check up di perusahaannya setiap 6 bulan. Tak ada penyakit & gejala yang terekam, everything is okay. Laaahh…bisa tumor ganas ???

Sampai sekarang belum diketahui pasti penyakitnya, walau secara empiris, ibunda almarhum menyakini, mz Bambang liver akut, empedunya pecah dengan muntah berwarna hijau.

Apapun penyebab kematian mz Bambang, yang tersisa adalah kesedihan mb Yuno & ketiga putrinya. Rasanya usia masih muda, pekerjaan lancar tanpa halangan dan seterusnya. Kami yakin secara finansial, mb Yuno tak perlu khawatir karena manajemen finansial mereka bagus dari asuransi pendidikan dstnya.

Apapun, kepergian mendadak tetap meninggalkan duka. Tetap menyedihkan. Walau pada akhirnya kita juga akan ‘kembali’ seperti mz Bambang, tapi kesedihan, re-adaptasi keluarga tetap terlihat sebagai proses ‘kembali memulai hidup’.

everyday is birthday, psikologi kita untuk melatih diri bahwa tiap hari kita dilahirkan kembali setelah ‘dimatikan’ sesaat kala tidur. hanya ingatan yang menjaga kita tentang orang-orang tercinta di seputaran kita yang tiap hari kadang bikin kesal, marah, tertawa dstnya.

kematian mendadak seringkali membuat kita limbung, butuh waktu memang yang sebagian orang tak sama masa pemulihan, yang jelas dan pasti dari sekarang belajar ikhlas untuk apapun….Tuhan punya rencana lebih baik lagi daripada yang kita mau.

semoga mz Bambang diampuni dosa2nya, diterima amal baiknya, ditempatkan di tempat yang layak dan sedekat mungkin dengan Sang Maha Hidup. semoga mb Yuno & Yasmin-Indah-Nasywa tetap ikhlas, tetap tawakkal & pasti kuat, mbaaakkk….

Lagi kenapa apa ini, yaaa….
semua terasa abu2
putih ato hitam pun tak tampak
apalagi warna pelangi

nge bete in banget
serba salah

Gak produktif !!!!

On the grey area
memang menyebalkan….!!!!

HARI INI…

Posted: 6 Maret 2010 in Uncategorized
Terima kasih Tuhan
Kau beri aku hari ini
dengan pagi yang berjanji cerah
pengusir malam yang serba kelam

Terima kasih Tuhan
Kau redam tangis embun
penuh kicau yang riuh
pemberi semangat hari ini

Hari ini
tak berbilang Kau beri aku
untuk selalu bersyukur
betapa Kau memberkahiku

Hari ini
deretan waktu dicipta
demi sebuah masa
yang entah kapan tiba

Tuhan
Terima kasih untuk hari ini