KANKER SERVIKS

Posted: 28 Juni 2010 in Catatan Cilik...
Tag:,

Sering disebut juga sebagai kanker leher rahim, merupakan jenis kanker yang sedang mengalami peningkatan jumlah penderita saat ini, rata-rata merupakan ke-2 terbanyak di setiap Negara, pada beberapa Negara bahkan sudah menjadi yang pertama dari jumlah pasiennya.
Sebetulnya ada beberapa keunikan dari kanker ini, salah satunya adalah, pada saat ini kita sudah mengetahui penyebabnya, yaitu HPV, Human Papilloma Virus, yang merupakan penyebab lebih dari 90% kanker servik ini. Sehingga bila kita tahu penyebabnya, maka kita dapat mencoba bersikap preventif, atau mencegah timbulnya kanker ini, tidak lagi hanya berusaha menyembuhkan, yang kita tahu bersama bahwa menyembuhkan kanker adalah sangat sulit.
HPV sendiri mempunyai berbagai macam type, sudah lebih dari 50 type yang diketahui saat ini, mulai dari yang mempunyai risiko rendah untuk menyebabkan kanker hingga yang berisiko tinggi sebagai penyebab kanker servik.
HPV dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit, mulai dari kutil kelamin (kondiloma) yang bersifat jinak tetapi mempunyai tingkat kekambuhan yang tinggi, sehingga seseorang yang menderita kutil kelamin biasanya akan mengalami kekambuhan, hingga beberapa jenis kanker, kanker vulva (kemaluan), kanker vagina, kanker servik, dan kanker penis.
Tampak bahwa sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh HPV adalah pada organ genital (kelamin), dan memang dari penelitian-penelitian terdahulu mengatakan bahwa kejadian penyakit kelamin akan meningkat ketika seseorang mulai aktif secara seksual, dan tidak berhubungan langsung dengan klasifikasi penyakit menular seksual, karena memang sering yang menderita penyakit ini hanya mempunyai 1 (satu) pasangan saja.
Hal lain yang menguntungkan dengan diketahuinya HPV sebagai penyebab, maka kini dimungkinkan untuk membuat vaksin sebagai salah satu cara mencegah timbulnya penyakit-penyakit ini. Tetapi untuk membuat vaksin dari begitu banyak tipe HPV tentu akan membutuhkan biaya yang sangat tinggi, tetapi belum tentu efektif, mengingat hanya beberapa tipe HPV saja yang berisiko tinggi sebagai penyebab kanker. Dan khusus untuk kanker servik 2 tipe utama HPV adalah HPV tipe 16 dan 18, yang mempunyai karakteristik berbeda, sehingga dikenal ada 2 (dua) tipe dasar dari kanker servik ini, kanker jenis epitel skuamo, yang mengenai servik bagian luar dan jenis adeno (kelenjar) yang mengenai saluran serviks bagian dalam.
Kedua tipe virus ini merupakan penyebab dari 70-80% kanker servik, jadi dengan mengembangkan vaksin untuk 2 jenis virus ini, diperkirakan cukup efektif untuk mencegah berkembangnya kanker servik ini. Dan jika kita melihat data dari penelitian pengembangan vaksin, ternyata didapatkan data tambahan bahwa vaksin-vaksin tersebut mempunyai kemampuan perlindungan tambahan terhadap beberapa jenis HPV yang lain, sehingga angka perlindungannya mencapai 90-95%.

sumber: Bandung Women Cancer Club

Iklan
Komentar
  1. uddbond006 berkata:

    ckckckckckck … ad foto q …. di upload yg keren2 ya mbak 😛
    !!!!!!!

  2. uddbond006 berkata:

    jiah salah coment !!! dasar bodoh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s